Beranda | Artikel
Kekhususan Akhlak Islam - Ensiklopedi Akhlak (Ustadz Abu Haidar As-Sundawy)
Kamis, 17 September 2015

Bersama Pemateri :
Ustadz Abu Haidar As-Sundawy

Ceramah agama Islam oleh: Ustadz Abu Haidar As-Sundawy

Ringkasan Kajian Ensiklopedi Akhlak

Kekhususan Akhlak Islam

Akhlak Islam berbeda dengan akhlak yang lain, karena ada kekhususan dari akhlak Islam yang membuatnya istimewa dibandingkan akhlak yang lainnya.

Di antara kekhususan akhlak Islam adalah bahwa akhlak Islam itu bersumber dari wahyu Allah Subhanahu wa Ta’ala. Dan merupakan perwujudan dari ajaran yang bersumber dari Allah Ta’ala.

Akhlak Islam memiliki dua sumber yaitu Al-Qur’an dan As-Sunnah. Di dalam Al-Qur’an Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

إِنَّ اللّهَ يَأْمُرُ بِالْعَدْلِ وَالإِحْسَانِ وَإِيتَاء ذِي الْقُرْبَى وَيَنْهَى عَنِ الْفَحْشَاء وَالْمُنكَرِ وَالْبَغْيِ يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُونَ

“Sesungguhnya Allah menyuruh (kamu) berlaku adil dan berbuat kebajikan, memberi kepada kaum kerabat, dan Allah melarang dari perbuatan keji, kemungkaran dan permusuhan. Dia memberi pengajaran kepadamu agar kamu dapat mengambil pelajaran.” (QS An-Nahl [16]: 90)

Ayat ini berisi perintah Allah untuk menerapkan akhlak yang mulia, yaitu berbuat adil, berbuat baik, memberi kepada kerabat terdekat, melarang kemungkaran dan kekejian, dan menghindari permusuhan.

Jadi akhlak yang baik itu sangat diperintahkan oleh Allah Ta’ala. Sedangkan akhlak buruk dilarang keras di dalam Al-Qur’an.

Di ayat yang lainnya, Allah Ta’ala berfirman:

قُلْ إِنَّمَا حَرَّمَ رَبِّيَ الْفَوَاحِشَ مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَمَا بَطَنَ وَالإِثْمَ وَالْبَغْيَ بِغَيْرِ الْحَقِّ

Simak selengkapnya penjelasan tentang “Kekhususan Akhlak Islam” di dalam rekaman kajian yang disampaikan oleh Ustadz Abu Haidar hafidzahulllah melalui rekaman audio yang kami sediakan atau dengarkan langsung melalui player. Semoga bermanfaat.

Download Kajian Ensiklopedi Akhlak

Jangan lupa untuk turut berbagi link donwload ceramah ini ke Facebook, Twitter, dan Google+, semoga bermanfaat bagi amal kita dan saudara Muslimin kita.


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/15994-kekhususan-akhlak-islam-ensiklopedi-akhlak-ustadz-abu-haidar-as-sundawy/